Cara Mengganti Pita Printer Epson LQ-2180


Minggu, 14 Februari 2016
Label: ,
Advertisement
Penghuni-60 | Cara Mengganti Pita Printer Epson LQ-2180

Selain printer tinta Epson L210, di kantor saya juga ada satu printer lagi yang sering saya pakai. Printer ini bodinya besar, karena memang dipakai untuk jenis kertas continuous form yang berukuran besar. Printer Epson LQ-2180 adalah sejenis printer yang memakai dot matrik dan pita bukan diisi dengan tinta. Untuk itu pemakaiannya pun menurut saya sangatlah boros. Sebab, pita itu lebih cepat kering apalagi jika berada di ruangan yang ber-AC. Tapi apa mau dikata, printer ini memang sangat dibutuhkan untuk mencetak di kertas continuous form yang rangkap.

Baca Juga:

Salah satu kendala lainnya dari printer Epson LQ-2180 adalah pitanya yang seringkali mengalami kusut, apalagi jika pita yang terpasang panjangnya tidak sesuai. Sebab, jika terlalu panjang, otomatis pita akan mengalami kepadatan dibagian dalam yang mengakibatkan pita tidak berputar dengan baik bahkan macet. Bila hal ini terjadi, pita yang macet akan menyebabkan pita menjadi sobek bahkan putus. Untuk itu, usahakan memilih panjang pita yang sesuai.

Cara Mengganti Pita Printer Epson LQ-2180

Untuk mengganti pita printer Epson LQ-2180 tidaklah mudah, apalagi jika kita baru saja mengenalnya. Mengganti pita printer jenis ini dibutuhkan kesabaran dan ketelitian. Jika tidak, pita yang kita pasang justru akan mengalami kusut terlebih dahulu sehingga makin sulit untuk dimasukkan ke dalam tempat pita. Satu saran saya ketika mengganti pita jangan terburu-buru. Sebab, hasilnya tidak akan memuaskan seperti yang saya lakukan dalam video berikut ini. Saya coba mengganti pita dalam waktu 5 menit. Ternyata, hasilnya malah berantakan.



Untuk itu, usahakan tenang, sabar, dan pelan-pelan saja. Ikuti petunjuknya berikut ini:

  • 1) Pertama-tama lepaskan bagian kecil pengunci pita pada head secara perlahan-lahan jangan sampai membuat beberapa bagiannya putus. Ini bisa fatal.
Cara Mengganti Pita Printer Epson LQ-2180
  • 2) Buka penutup wadah pita, dengan cara melepaskan kuncinya satu persatu pelan-pelan agar kunci tersebut juga tidak putus.
  • 3) Setelah terbuka, Anda bisa langsung ambil pita yang lama dan membuangnya
  • 4) Buka pita yang baru, hati-hati dalam membuka bungkus pita baru, usahakan jangan sampai mengakibatkan pita yang baru ini berantakan. Cari bagian mana yang harus menghadap ke atas. Buang penutup kotaknya pelan-pelan, lalu buka satu bagian ujung saja, tempatkan pada wadah pita printer dan dorong pita dari ujung yang satunya sampai masuk semua ke dalam wadah. Di bagian inilah terkadang banyak yang menyebabkan pita baru menjadi kusut terlebih dahulu. Seperti yang saya lakukan dalam video.
  • 5) Setelah itu cari ujung pita yang satu dan ujung lainnya, untuk dimasukkan ke pada tiap-tiap ujung. Hati-hati juga dalam memasangnya jangan sampe pita memilin. Pada bagian roda, Anda bisa terlebih dahulu melepas rodanya untuk memudahkan memasang pita.
  • 6) Kemudian tutup kembali jika posisi pita sudah pas. Kunci yang erat.
  • 7) Pasang lagi bagian pengunci pita pada head.
  • 8) Selesai

Tidak semua orang memiliki kesabaran yang cukup untuk mengganti pita printer Epson LQ-2180. Sehingga mereka malas menggantinya. Akibatnya pita yang makin lama tidak diganti menyebabkan hasilnya yang tidak jelas. Jadi kunci utama memasang pita printer Epson LQ-2180 itu adalah "kesabaran".

*******
Thanks
Penghuni 60
Penghuni 60


Recomended For You:

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

2 komentar:

  1. Cara menyusun pita yang berantakan yang aku perlu, karna jatuh kubuat pitanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Icha ga usah bingung, pita printer itu kan gak punya ujung. Disinilah letak susahnya. Jadi untuk membetulkan pita yg kusut, kuncinya harus sabar. PERTAMA, mbak taruh bagian pita yang kusut diluar tempat pita. Sedangkan yang tidak kusut mbak masukin ke tempat pitanya sesuai jalurnya. KEDUA, Lalu putar bagian pemutar pita secara perlahan-lahan, sampai bagian yang kusut itu masuk semua. kalo udh masuk semua akan secara otomatis pitanya lurus sendiri di dalam wadahnya. terkecuali jika ada bagian yang terikat kencang, itu lain lagi ceritanya. Selama kondisi pitanya bisa diluruskan alias tidak saling mengikat, msh bs dibetulin. cari tempat yang luas aja untuk membereskannya. Mungkin nanti saya bikin video tutorialnya.

      Hapus